Ads 468x60px

15 Oktober, 2012

Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan Penyebab Terjadinya Perdarahan Post Partum


Perdarahan postpartum   merupakan  penyebab utama  tingginya Angka Kematian Ibu di dunia. Perdarahan pada kala III pada umumnya merupakan perdarahan yang berat, dan jika tidak mendapatkan penanganan yang cepat bisa mendatangkan syok dan kematian. Hasil survey di RSUD Jendral Ahmad Yani Kota Metro, didapatkan kejadian perdarahan post partum pada tahun 2010 berjumlah 163 (17,79%) dan data tahun 2011 berjumlah 170 (17,93). Penyebab utama perdarahan postpartum adalah atonia uteri, luka jalan lahir, retensio plasenta, gangguan pembekuan darah, dan sisa plasenta. 
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan penyebab terjadinya perdarahan post partum di Rumah Sakit Umum Jenderal Ahmad Yani Kota Metro tahun 2011.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi adalah semua ibu bersalin yang dirawat di RSUD Jendral Ahmad Yani Kota Metro tahun 2011 yang berjumlah 984 ibu bersalin. Sampel diambil dengan menggunakan rumus slovin yang berjumlah 284 ibu dan diambil dengan tehnik random sampling. Alat ukur checklist yang di analisa secara univariat dengan tabel distribusi frekuensi dan bivariat dengan analisa chi square.
Hasil penelitian univariat menunjukkan bahwa dari 284 ibu bersalin dengan kejadian perdarahan postpartum sebesar 23,59%, atonia uteri sebesar 16,20%, luka jalan lahir sebesar 20,77%, retensio plasenta sebesar 13,03%, sisa plasenta sebesar 11,27%. Hasil uji statistik chi square terdapat hubungan antara atonia uteri dengan perdarahan postpartum (p value: 0,012), luka jalan lahir dengan perdarahan postpartum (p value: 0,009), retensio plasenta dengan Perdarahan Postpartum (p value: 0,048), dan sisa plasenta dengan Perdarahan Postpartum RSU Jenderal Ahmad Yani Kota Metro tahun 2011 dengan p-value = 0,009. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara atonia uteri, luka jalan lahir, retensio plasenta, sisa plasenta dengan perdarahan postpartum di RSUD A. Yani Kota Metro tahun 2011. Perlu dilakukan upaya deteksi dini terhadap perdarahan postpartum diutamakan pada ibu yang melakukan kunjungan ANC dengan memantau keadaan umum ibu dan penyuluhan akan tanda bahaya kehamilan.

Kata Kunci : Perdarahan postpartum, atonia uteri, luka jalan lahir, retensio plasenta, sisa plasenta
Daftar Bacaan : 28 (1998-2011)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA




Fans Page