Ads 468x60px

30 September, 2012

Hubungan Riwayat Kehamilan Ektopik Terhadap Kejadian Kehamilan Ektopik pada Ibu Bersalin


Kehamilan ektopik mengancam jiwa pada10% kasus dan 1% dari pasien tersebut meninggal karena perdarahan internal dan shock atas komplikasi lanjut. Hasil survey demografi kesehatan Indonesia tahun 2007 menunjukkan angka kematian ibu sebesar 228 per 100.000 kelahiran hidup. Penyebab kematian ibu paling besar di Indonesia 28% adalah perdarahan, di propinsi Lampung 50,69%, di Metro tahun 2009 tercatat 2 orang meninggal karena kehamilan ektopik. Penyebab terjadinya kehamilan ektopik diantaranya riwayat kehamilan ektopik. Angka kejadian kehamilan ektopik di RSB Permata Hati Metro tahun 2010 terdapat 7,3% meningkat pada tahun 2011 yaitu 10,5%.
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui hubungan riwayat kehamilan ektopik dengan kejadian kehamilan ektopik pada ibu bersalin di RSB Permata Hati Metro tahun 2011.
Jenis penelitian analitik dengan rancangan case control. Populasi kasus yaitu 51 ibu bersalin yang mengalami kejadian kehamilan ektopik dan populasi kontrol 435 ibu bersalin yang tidak mengalami kejadian kehamilan ektopik. Besar sampel ditentukan menggunakan rumus Lemeshow didapatkan jumlah sampel       31 kasus dan 31 kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan metode simple random sampling dan menggunakan tabel bilangan random. Pengambilan data dengan studi dokumentasi menggunakan check list. Analisis data menggunakan analisis univariat dengan presentasi dan analisis bivariat menggunakan chi square.
Hasil penelitian diperoleh proporsi kehamilan ektopik berdasarkan riwayat kehamilan ektopik pada ibu bersalin di RSB Permata Hati Metro tahun 2011 sebanyak 58,1% (18 responden) dari 31 kasus, hasil analisis chi square hubungan antara riwayat kehamilan ektopik dengan kejadian kehamilan ektopik dengan nilai x2 hitung 16,200 > x2tabel 3,841 dan OR = 12,92.
Kesimpulan dalam penelitian ini ada hubungan antara riwayat kehamilan ektopik dengan kejadian kehamilan ektopik di RSB Permata Hati Metro tahun 2011 dan resiko kehamilan ektopik 13 kali lebih besar terjadi pada ibu yang mempunyai riwayat kehamilan ektopik. Berdasarkan hasil tersebut maka bagi RSB Permata Hati Metro untuk dapat meningkatkan pelayanan kesehatan dan penyuluhan tentang faktor resiko kehamilan ektopik, bagi Prodi Kebidanan untuk dapat menambah bahan bacaan dan bagi penelitian lain agar dapat meneliti faktor resiko lain.

Kata Kunci : Riwayat, Kehamilan Ektopik
Daftar Bacaan : 15 (1998-2011)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA



Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ada pertanyaan ataupun komentar ....!

Fans Page