Ads 468x60px

30 September, 2012

Hubungan Pemberian Magnesium Sulfat dengan Kejadian Atonia Uteri pada Ibu Bersalin yang Mengalami Pre-eklampsi-Eklampsi


Salah satu penyebab kematian ibu sebagian besar kasus perdarahan, perdarahan bertanggung jawab atas 28 persen kematian ibu di dunia. Atonia uteri merupakan salah satu penyebab perdarahan postpartum. Di Indonesia perdarahan postpartum yang disebabkan oleh atonia uteri sebesar 16% - 17%. Data pra survei di RSUD Jenderal Ahmad Yani Metro kejadian atonia uteri pada tahun 2010 terdapat 7,31% kasus atonia uteri dan tahun 2011 terdapat 7,11% kasus atonia uteri lebih tinggi jika dibandingkan dengan kasus atonia uteri di RSD Demang Sepulau Raya tahun 2011 sebanyak 5,46%. Penyebab atonia uteri antara lain penggunaan magnesium sulfat karena adanya efek relaksasi uterus. 
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui hubungan pemberian magnesium sulfat dengan kejadian atonia uteri pada ibu bersalin yang mengalami Pre eklampsi - Eklamsi di RSU  Jendral  Ahmad  Yani Kota  Metro  tahun  2011.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analitik dengan rancangan case control. Populasi kasus adalah seluruh ibu bersalin yang mengalami pre eklampsia-eklampsia dan atonia uteri berjumlah 32 orang, populasi kontrol adalah semua ibu bersalin dengan pre eklampsia – eklampsia tapi tidak mengalami atonia uteri berjumlah 171 orang. Sampel kasus berdasarkan rumus Lameshow diperoleh sampel minimal 21 orang, sampel kontrol diambil dengan perbandingan  1:2 yang diambil dengan tehnik systematic random sampling. Alat ukur berupa checklist yang dianalisa secara univariat dengan  distribusi frekuensi dan bivariat dengan analisa chi square.
Hasil penelitian bahwa proporsi pemberian magnesium sulfat pada ibu bersalin pre-eklampsia sebanyak 71,43%, hasil analis bivariat dengan p value: 0,038 dan OR: 5,846, yang berarti ibu yang diberikan MgSO4 memiliki resiko 6 kali mengalami atonia uteri. Kesimpulan penelitian bahwa ada hubungan antara pemberian magnesium sulfat dengan atonia uteri pada ibu bersalin yang mengalami pre-eklampsi - eklampsia di RSUD Jendral Ahmad Yani Metro Tahun 2011, sehingga perlu meningkatkan kewaspadaan pada ibu bersalin dengan pre eklampsia - eklampsia berdasarkan pemberian magnesium sulfat dengan persiapan terhadap penanganan ibu bersalin dengan  atonia uteri.

Kata Kunci : Magnesium Sulfat, Atonia Uteri 
Daftar Bacaan : 33 (1995-2011)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA



Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ada pertanyaan ataupun komentar ....!

Fans Page