Ads 468x60px

30 September, 2012

Hubungan Induksi Oksitosin dengan Kejadian Atonía Uteri pada Ibu Bersalin yang Mengalami Perdarahan Post Partum


Atonía uteri adalah lemahnya kontraksi rahim yang menyebabkan uterus tidak mampu menutup perdarahan terbuka dari tempat implantasi placenta setelah bayi dan plasenta lahir. Perdarahan merupakan penyebab utama kematian maternal dalam tiga tahun terakhir, data Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan Propinsi Lampung mencatat tahun 2009 sebesar 36,7% tahun 2010 43,44% dan tahun 2011 34,55%. Atonía uteri merupakan penyebab lebih dari 90% perdarahan post partum yang terjadi dalam 24 jam setelah kelahiran bayi. Pra survey di RSUD Jenderal A. Yani Kota Metro, data tahun 2009 35,22% kejadian atonía uteri, tahun 2010 sebesar 38,03% dan tahun 2011 ditemukan 2 kasus kematian maternal dengan perdarahan post partum karena atonía uteri. Faktor penyebab atonía uteri antara lain penggunaan oksitosin untuk menginduksi persalinan. 
Tujuan penbelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan induksi oksitosin dengan kejadian atonía uteri pada ibu bersalin yang mengalami perdarahan post partum di RSUD Jenderal A. Yani Metro tahun 2011. 
Penelitian ini merupakan penelitian analitik kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu bersalin yang mengalami perdarahan post partum di RSUD Jenderal A. Yani Kota Metro tahun 2011 sebanyak 170 responden, dengan jumlah sampel 119 responden. Teknik pengambilan sampel adalah systematic random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa studi dokumentasi  rekam medik dengan alat ukur check list. Analisis data yang digunakan analisis univariat untuk menghitung distribusi dan bivariat dengan uji chi-square.
Hasil penelitian menunjukkan analisa bivariat dari 119 responden proporsi atonía uteri 59,7%, proporsi induksi oksitosin 61,3% hasil uji statistik menunjukkan hasil uji x2  dengan hasil p-value = 0,000. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara induksi oksitosin dengan kejadian atonia uteri. Upaya  dilakukan dengan memberikan induksi oksitosin sesuai dengan indikasi dan pengawasan yang melekat kepada ibu yang dilakukan induksi oksitosin untuk mengantisipasi resiko atonia uteri. 

Kata kunci : induksi oksitosin, atonia uteri 
Daftar bacaan : 25 (1998-2010)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ada pertanyaan ataupun komentar ....!

Fans Page