Ads 468x60px

30 September, 2012

Efektifitas penggunaan misoprostol dan oksitosin pada penanganan perdarahan post partum


Salah satu faktor utama penyebab kematian ibu adalah perdarahan post partum. Perdarahan post partum dapat dicegah melalui manajemen aktif kala III dan pemberian uterotonika. Preparat uterotonika yang tersedia saat ini adalah oksitosin. RS Griya medika dan Klinik Mutiara Bunda adalah diantara pelayanan kebidanan yang menggunakan misoprostol untuk penanganan perdarahan post partum. Pemberian yang mudah dan aman yang dapat dilakukan bidan untuk mencegah perdarahan post partum. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas misoprostol dan oksitosin pada penanganan perdarahan post partum. Subjek penelitian ini adalah seluruh ibu bersalin yang mengalami perdarahan post partum yang memenuhi kriteria. Objek penelitian ini adalah perdarahan post partum primer dan sekunder.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu bersalin yang mengalami perdarahan post partum. Besar sampel berjumlah 34 responden yang berasal dari RS Griya Medika sebanyak 14 responden dan Klinik Mutiara Bunda sebanyak 20 responden. Teknik yang digunakan accidental sampling dan pengumpulan data menggunakan checklist sebagai alat ukur. Variabel Independen dalam penelitian ini adalah penggunaan misoprostol dan oksitosin. Variabel Dependen dalam penelitian ini adalah perdarahan post partum. Data diolah secara komputerisasi dengan analisis univariat dan bivariat menggunakan t-test independent dengan derajat kesalahan 0,05 %.

Hasil penelitian didapat rata-rata waktu perdarahan berhenti pada pengunaan misoprostol dengan mean 12,14 menit, sedangkan  rata-rata waktu perdarahan berhenti pada pengunaan oksitosin  dengan mean 12,64 menit.  Hasil uji statistik didapat p-value (0,190) > dari nilai alpha (0.05) berarti tidak ada perbedaan yang bermakna rata-rata lama berhentinya perdarahan post partum antara penggunaan obat misoprostol dengan penggunaan oksitosin injeksi. Kesimpulan tidak ada perbedaan antara misoprostol dan oksitosin, namun misoprostol lebih efektif dibandingkan oksitosin untuk menghentikan perdarahan sehingga misoprostol dapat digunakan sebagai alternatif utama pada penanganan perdarahan post partum karena penggunaannya mudah digunakan dan stabil pada suhu ruangan.

Kata kunci : Misoprostol, Oksitosin, Perdarahan post partum
Daftar Bacaan : 27 (1998-2011)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ada pertanyaan ataupun komentar ....!

Fans Page