Ads 468x60px

21 Mei, 2012

Faktor Penyebab Rendahnya Pengetahuan Remaja Awal Tentang Pendidikan Seks di SMP


Remaja awal memiliki keingintahuan yang tinggi tentang seks, namun hanya sedikit orang yang mempu menjelaskan masalah seks pada remaja karena menganggap membicarakan tentang seks adalah hal yang tidak biasa, aneh, dan sangat tabu, bahkan dianggap porno. Ini menyebabkan rendahnya pengetahuan remaja awal tentang pendidikan seks. Pendidikan seks yang rendah mengakibatkan banyaknya seks bebas dikalangan remaja baik pria maupun wanita. Berdasarkan survei pada tahun 2000 terdapat remaja yang pernah melakukan seks bebas sebanyak 29,9%. Rendahnya pengetahuan remaja awal tentang pendidikan seks dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor keluarga dan faktor lingkungan sosial.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab rendahnya pengetahuan remaja awal tentang pendidikan seks di SMP Negeri 3 Metro.

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SMP Negeri 3 Metro, sedangkan objek penelitiannya yaitu penyebab rendahnya pengetahuan remaja awal tentang pendidikan seks ditinjau dari fakor keluarga dan faktor lingkungan sosial. Sampel yang digunakan adalah 25% dari jumlah populasi. Besar sampel penelitian ini adalah 64 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan teknik analisa data persentase. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar kuesioner.

Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan penulis, secara umum didapatkan bahwa rendahnya pengetahuan remaja awal tentang pendidikan seks di pengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor keluarga dan faktor lingkungan sosial. Sebanyak 65,3% siswa yang tidak pernah diberikan pendidikan seks oleh keluarganya dan 74,66% siswa yang tidak pernah diberikan pendidikan seks oleh lingkungan sosialnya.

Kata Kunci : Pengetahauan, Pendidikan Seks, Faktor Keluarga, Faktor Lingkungan Sosial

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA



Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ada pertanyaan ataupun komentar ....!

Fans Page