Ads 468x60px

08 April, 2012

Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Tingkat Ekonomi Keluarga Kader Dengan Peran Serta Kader Posyandu


Posyandu adalah salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM)mempunyai peranan yang sangat besar dan strategis secara umum dan khususnya bidang kesehatan. Dalam beberapa tahun terakhir ini, banyak posyandu yang kinerjanya menurun, yang disebabkan antara lain karena faktor kader yang kurang berfungsi. Berdasarkan pengalaman saat PKL PKMD pada bulan Desember 2007 dan studi pendahuluan yang di lakukan di Desa Putra Buyut Kecamatan Gunung Sugih Lampung Tengah pada bulan Maret 2008, di peroleh data jumlah kader di 4 Posyandu sebanyak 20 orang. Namun pada kenyataannya dari 2 Posyandu yang diamati, masing – masing hanya 1 dan 2 kader yang aktif berperan dalam kegiatan Posyandu tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan, tingkat ekonomi keluarga, dan peran serta kader Posyandu serta hubungan tingkat pengetahuan dan tingkat ekonomi keluarga kader dengan peran serta kader Posyandu di Kampung Putra Buyut Kecamatan Gunung Sugih Lampung Tengah tahun 2008. 
Subjek penelitian ini adalah semua kader Posyandu di Kampung Putra Buyut Kecamatan Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah, sedangkan objek penelitianya yaitu tingkat pengetahuan dan tingkat ekonomi keluarga kader dengan peran serta kader Posyandu. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif korelatif dengan rancangan cross sectional. Sampel yang di gunakan adalah sampel jenuh yakni semua kader Posyandu yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung menggunakan kuesioner penelitian. Analisis data penelitian menggunakan chis square test dengan memperhitungkan nilai probabilitas (p-value). 
Hasil penelitian di peroleh gambaran distribusi proporsi peran serta kader Posyandu terdapat 50,0 % (10 kader) yang berperan serta kurang di kegiatan Posyandu. Hasil analisis uji variat dengan uji chi square di peroleh hasil : hubungan tingkat pengetahuan dengan peran serta kader Posyandu dengan p-value 0,180 yang berarti tidak ada hubungan antara tingkat pengetahuan dengan peran serta kader Posyandu, dan hubungan tingkat ekonomi keluarga dengan peran serta kader Posyandu diperoleh nilai p-value 1,000 yang berarti tidak ada hubungan antara tingkat ekonomi keluarga dengan peran serta kader Posyandu.
Kesimpulan penelitian diperoleh peran serta kader Posyandu dengan kategori kegiatan sebanyak 50,0 % (10 kader), dan tidak ada hubungan antara tingkat pengetahuan dan tingkat  ekonomi keluarga dengan peran serta kader Posyandu.

Kata kunci : Tingkat pengetahuan, tingkat ekonomi, peran serta kader posyandu

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA




Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ada pertanyaan ataupun komentar ....!

Fans Page