Ads 468x60px

08 April, 2012

Hubungan Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Anak Di TK


Rendahnya Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia sangat dipengaruhi oleh sistem pendidikan nasional dan derajat kesehatan manusia Indonesia. Derajat kesehatan ini sangat dipengaruhi oleh intake zat gizi, intak zat gizi yang rendah akan menyebabkan gangguan pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Pada tahun 2006 angka kejadian gizi buruk di Kabupaten Lampung Tengah adalah 1.88%. Beberapa penelitian menjelaskan, dampak jangka pendek gizi buruk terhadap perkembangan anak adalah anak menjadi apatis, mengalami gangguan bicara dan gangguan perkembangan yang lain, sedangkan dampak jangka panjang adalah penurunan skor tes IQ, penurunan perkembangn kognitif, penurunan integrasi sensori, gangguan pemusatan perhatian, gangguan penurunan rasa percaya diri dan tentu saja menurunnya prestasi belajar di sekolah.       
Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan status gizi dengan prestasi belajar anak di TK Raudatul Athfal Al – Hikmah Rejo Basuki V. Subjek  penelitian ini semua anak yang mengikuti pendidikan di TK Raudatul Athfal        Al – Hikmah TA 2008/2009, objek penelitian status gizi dan prestasi belajar
Jenis penelitian ini merupakan metode analitik kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 34 anak di TK Raudatul Athfal Al – Hikmah Rejo Basuki V dan teknik pengambilan sampel yaitu non random sampling yaitu sebanyak 34 anak. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa chek list. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan chi square. 
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lebih dari sepertiga anak yaitu 38,24% anak memiliki status gizi tidak baik, sedangkan prestasi belajar anak lebih dari sepertiganya 41,18% anak memiliki prestasi belajar yang tidak baik, dan dari hasil penghitungan bahwa x2 hitung > x2 tabel, yaitu 6,87 > 3,841 dengan dk 1, maka terdapat hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar.
 Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari sepertiga anak memiliki status gizi tidak baik, dan prestasi belajar lebih dari sepertiga anak memiliki prestasi belajar tidak baik, dan terdapat hubungan antara status gizi dengan prestasi anak di TK. Diharapkan Bagi tenaga pengajar agar dapat lebih memperhatikan keadaan status gizi anak didiknya dan program bulanan untuk memberikan makanan tambahan agar tetap dilanjutkan.

Kata Kunci : Status Gizi, Prestasi Belajar, Anak TK
Daftar bacaan : 32 (1996 - 2008)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ada pertanyaan ataupun komentar ....!

Fans Page