Ads 468x60px

08 April, 2012

Hubungan Paritas dan Usia Ibu dengan Plasenta Previa di Rumah Sakit Umum


Perdarahan pada kehamilan trimester ketiga pada umumnya merupakan perdarahan yang berat, apalagi jika tidak mendapatkan penanganan yang cepat bisa mendatangkan syok dan kematian, salah satu penyebabnya adalah plasenta previa, yang menjadi penyebab mortalitas dan morbilitas pada wanita hamil dan bersalin  di negara berkembang yaitu sekitar 25-50%. Angka kematian ibu di Provinsi Lampung pada tahun 2006 tercatat 134 kasus per 100.000 kelahiran hidup, sedangkan di Kota Metro tercatat 8 orang per 2768 kelahiran hidup dimana penyebab kematian tersebut adalah perdarahan antepartum. Kejadian plasenta previa di Metro khususnya RSU A. Yani Metro dari bulan Januari sampai Desember 2007 tercatat sebanyak 65 kasus plasenta previa. 
Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara paritas dan usia ibu dengan plasenta previa di RSU A. Yani Metro tahun 2007. Subjek penelitian ini adalah ibu bersalin normal dan plasenta previa yang dirawat di ruang kebidanan RSUD A. Yani Metro dan objek penelitian ini adalah paritas, usia ibu dan plasenta previa. 
Penelitian ini menggunakan metode survei analitik dengan pendekatan cross sectional, dengan populasi ibu-ibu bersalin normal dan plasenta previa di ruang kebidanan RSU A. Yani Metro yang berjumlah 842 responden, sedangkan sampel penelitian  berjumlah 210 responden yang diperoleh berdasarkan tabel kreejie diambil dari sebagian populasi dengan teknik random sampling dengan sistematik sampling menggunakan alat ukur check list untuk mengambil data sekunder dari rekam medik,selanjutnya menganalisis menggunakan analisis univariat untuk mengetahui persentase dan analisis bivariat dengan uji chi-square. 
Hasil analisis data yaitu analisis univariat, didapatkan ibu-ibu yang bersalin dan plasenta previa yang termasuk multipara sebanyak 69,05%, sedangkan berdasarkan usia reproduksi tidak sehat (< 20 tahun atau lebih > 35 tahun) sebanyak 27,14%. Analisis bivariat dengan uji Chi-Square menghasilkan tidak ada hubungan yang bermakna antara paritas dengan plasenta previa dengan x2 hitung (0,45) < x2  tabel (3,841) dan ada hubungan yang bermakna antara usia ibu dengan plasenta previa x2 hitung (10,87) > x2 tabel (3,841). Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara paritas dengan plasenta previa dan ada hubungan yang bermakna antara usia ibu dengan plasenta previa. 

Kata Kunci   :Paritas, Usia Ibu, Plasenta Previa 

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA



Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ada pertanyaan ataupun komentar ....!

Fans Page