Ads 468x60px

08 April, 2012

Hubungan Hipertensi Gestasional dengan Asfiksia Pada Bayi Baru Lahir


Salah satu indikator keberhasilan pelayanan pada neonatal adalah angka kematian bayi yang rendah. Penyebab kematian bayi antara lain asfiksia. Asfiksia adalah keadaan bayi tidak dapat bernafas secara spontan dan teratur setelah lahir. Kejadian asfiksia di Indonesia berkisar 27,97%, asfiksia di Lampung sebesar 34,19%, berdasarkan data prasurvey di RSU A. Yani Metro, diketahui asfiksia merupakan kejadian terbanyak ke dua di RSU A. Yani Metro Tahun 2008 sebesar 15,26%. Timbulnya asfiksia disebabkan oleh banyak faktor salah satunya adalah hipertensi gestasional. Kejadian hipertensi gestasional di RSU A. Yani Metro Tahun 2008 adalah 8,9% dari 754 persalinan. Rumusan masalah penelitian ini adalah adakah hubungan antara hipertensi gestasional dengan asfiksia pada bayi baru lahir di Ruang Bersalin RSU A. Yani metro Tahun 2008. 
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan hipertensi gestasional dengan asfiksia pada bayi baru lahir di ruang kebidanan RSU A Yani Metro tahun 2008. 
Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian seluruh bayi lahir di Ruang Kebidanan RSU A. Yani Metro Tahun 2008 berjumlah 747 orang. Penentuan sampel menggunakan tingkat kepercayaan 95% dan tingkat kesalahan 5% bedasar tabel krectjie di peroleh jumlah sampel 254 responden. Pengambilan sampel dengan tehnik random sampling secara acak sederhana. Data di ambil dengan menggunakan checklist melalui studi dokumentasi. Selanjutnya di analisis secara univariat dan bivariat dengan chi square.
Hasil analisis univariat didapatkan proporsi bayi yang mengalami asfiksia sebanyak 36,6%, sedangkan proporsi ibu yang mengalami hipertensi gestasional sebanyak 23,2%. Hasil analisis bivariat melalui uji statistik didapatkan nilai p = 0,000.
Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara hipertensi gestasional dengan asfiksia pada bayi baru lahir di ruang kebidanan RSU A Yani Metro Tahun 2008. Penulis menyarankan agar petugas kesehatan dapat meningkatkan pengawasan dan penanganan kejadian asfiksia atau faktor-faktor penyebab terjadinya asfiksia termasuk hipertensi gestasional 

Kata kunci : Asfiksia, Hipertensi Gestasional 
Daftar bacaan : 31 (1993-2009)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA




Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ada pertanyaan ataupun komentar ....!

Fans Page