Ads 468x60px

08 April, 2012

Hubungan Antara Pemberian MP-ASI Secara Dini dengan Kejadian Obstipasi Pada Bayi Usia 0-6 Bulan


Makanan pendamping ASI boleh diberikan setelah bayi berusia 6 bulan. Memberikan makanan pendamping ASI terlalu dini  atau bayi tidak diberi ASI eksklusif selama 6 bulan dapat menurunkan imunitas dan mengganggu pencernaan bayi yang salah satunya adalah obstipasi. Kejadian obstipasi yang terjadi pada bayi dapat berdampak pada obstruksi usus yang permanen sehingga perlu tindakan pembedahan. Pada  kasus lain bayi dapat menderita kekurangan zat gizi (malnutrisi) disebabkan karena berkurangnya fungsi usus terhadap absorbsi gizi. Pemberian MP-ASI dini di Desa Nabang Baru Kecamatan Marga Tiga Kabupaten Lampumg Timur masih tinggi yaitu ada 75 % bayi 0-6 bulan dari 12 ibu-ibu responden mengeluh obstipasi, sehingga perlu diketahui adakah hubungan pemberian MP-ASI secara dini dengan kejadian obstipasi pada bayi 0-6 bulan. 
Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui  hubungan pemberian MP-ASI secara dini dengan kejadian obstipasi pada bayi usia 0-6 bulan di Desa Nabang Baru Kecamatan Marga Tiga Kabupaten Lampung Timur tahun 2009. 
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan cross sectional.   Populasi  yang digunakan yaitu semua ibu-ibu yang  mempunyai bayi usia 0–6 bulan di Desa Nabang Baru Kecamatan Marga Tiga Lampung Timur. Sampel  menggunakan teknik sampling jenuh yaitu 40 responden yang mempunyai bayi usia 0-6 bulan terhitung pada bulan Desember 2009. Analisis statistik univariat berupa distribusi frekuensi, persentase, berupa chi square (α 0,05). Alat pengumpulan data berupa kuesioner, cara ukur dengan menggunakan angket. 
Hasil analisis univariat menunjukkan pemberian MP-ASI dini pada bayi usia 0-6 bulan  masih cukup tinggi yaitu 57,5 % (23 bayi) dibandingkan dengan yang tidak diberi MP-ASI dini yaitu 42,5 % (17 bayi). Hasil analisis bivariat diperoleh x2 hitung > x2 tabel  (4,67 > 3,481) dengan koefisien kontingensi rendah (C = 0,31). Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pemberian MP-ASI terlalu dini dengan kejadian obstipasi pada bayi usia 0-6 bulan  dengan tingkat hubungan rendah. Pengetahuan ibu tentang ASI eksklusif dan MP-ASI perlu ditingkatkan agar masyarakat lebih mengerti dan memahami sehingga pemberian ASI eksklusif  dan MP-ASI dapat diberikan pada waktu yang tepat.

Kata kunci : MP-ASI, Bayi 0-6 bulan 
Daftar bacaan : 22 (1993-2009)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ada pertanyaan ataupun komentar ....!

Fans Page