Ads 468x60px

08 April, 2012

Hubungan Antara Keputihan Dengan Personal Higiene Pada Remaja Putri


Keputihan adalah keluarnya cairan yang berlebihan dari liang senggama    (vagina). Penyebab keputihan antara lain disebabkan oleh jamur, bakteri, atau parasit. Keputihan tidak hanya menyebabkan infeksi namun dapat pula mengakibatkan kemandulan dan hamil diluar kandungan serta kanker leher rahim. 75% wanita Indonesia pernah mengalami keputihan sekali dalam hidupnya dan 3 dari 4 wanita di dunia mengalami keputihan setidaknya sekali dalam hidupnya.  Data poli kebidanan RSUD A. Yani Metro tahun 2008 bulan Januari – April terdapat 39 kasus keputihan. Hasil prasurvei di SMU Muhammadiyah I Metro didapatkan 15 dari 17 remaja putri yang menderita keputihan. Remaja putri merupakan salah satu bagian dari populasi yang beresiko terkena keputihan dan perlu perhatian khusus. Personal Higiene adalah merupakan salah satu faktor yang memegang peranan penting untuk menghindari terjadinya infeksi yang dapat menyebabkan keputihan. 
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proporsi keputihan pada remaja putri, mengetahui proporsi remaja putri yang melakukan personal higiene serta mengetahui hubungan antara keputihan dengan personal higiene pada remaja putri di SMU Muhammadiyah I Metro. Subjek penelitian ini adalah remaja putri kelas X di SMU Muhammadiyah I Metro dan objek penelitian adalah keputihan dan personal higiene. 
Metode penelitian yang di gunakan adalah analitik kuantitatif dengan desain penelitian Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja putri kelas X di SMU Muhammadiyah I Metro yang berjumlah 114 orang yang di ambil sampel sebanyak 80 orang dengan menggunakan tabel kreejie dengan perhitungan ukuran sampel mempunyai tingkat kepercayaan 95%. Pemilihan sampel dengan cara Simple Random Sampling. Analisis yang di lakukan dalam penelitian ini adalah analisis univariat dalam bentuk presentase dan analisis bivariat dengan menggunakan Uji Chi Square dengan berdasarkan tingkat kesalahan 5%.    
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proporsi remaja putri yang mengalami keputihan adalah 75% dan proporsi remaja putri yang memiliki personal higiene baik adalah 52,5%. Hasil perhitungan Uji Chi Square menggunakan derajat kesehatan dan tingkat kesalahan 5% di dapatkan harga Chi Square hitung lebih besar dari Chi Square tabel yaitu 4,3 > 3,841. Maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada hubungan keputihan dengan personal higiene.  
Kesimpulan dalam penelitian adalah terdapat hubungan antara keputihan dengan personal higiene pada remaja putri di SMU Muhammadaiyah I Metro.

Kata Kunci : Keputihan, Personal Higiene, Remaja

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA




Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ada pertanyaan ataupun komentar ....!

Fans Page