Ads 468x60px

04 April, 2012

Faktor-Faktor Rendahnya Kunjungan Ibu Nifas di Puskesmas


Masa nifas dimulai setelah kelahiran placenta dan berakhir ketika alat-alat kandungan kembali seperti keadaan sebelum hamil. Masa nifas berlangsung selama kira-kira 6 minggu.Ibu nifas perlu dipantau kesehatannya selama nifas,hal ini berkaitan dengan tingginya angka kejadian komplikasi pada masa nifas seperti infeksi post partum,perdarahan post partum primer dan sekunder serta eklamsi post partum yang dampaknya menyebabkan kematian ibu pasca salin. Berdasarkan prasurvey terhadap 10 ibu nifas pada bulan Oktober 2009 di Puskesmas Batanghari hanya 3 ibu nifas yang melakukan kunjungan nifas ke petugas kesehatan. Cakupan nifas di Puskesmas Batanghari tahun 2008 sebesar 72,53% dibanding terget 90% maka terdapat kesenjangan sebesar 17,47%.
Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor rendahnya kunjungan nifas di Puskesmas Batanghari Lampung Timur tahun 2008.
Penelitian menggunakan metode dekskriptif untuk mengetahui faktor-faktor penyebab rendahnya kunjungan ibu nifas di wilayah kerja Puskesmas Batanghari Lampung Timur tahun 2008. Subjek penelitian adalah ibu nifas yang tidak melakukan kunjungan nifas pada tahun 2008. Objek penelitian pendidikan, ekonomi, paritas. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu nifas berjumlah 122, sampelnya adalah 122 ibu nifas. Pengumpulan data menggunakan alat ukur dengan cara angket berupa kuesioner analisa data menggunakan analisis univariat, disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. 
Berdasarkan hasil penelitian rendahnya kunjungan nifas di Puskesmas Batanghari Lampung Timur diperoleh data ibu nifas dengan pendidikan dasar (SD dan SMP) dengan jumlah 87 (71,3%), ekonomi rendah yaitu sebanyak 80 (65,6%), paritas sedang sebanyak 84 (68,8%). Kesimpulan hasil penelitian dapat diketahui bahwa di wilayah kerja Puskesmas Batanghari sebagian besar ibu nifas yang tidak melakukan kunjungan nifas karena faktor pendidikan rendah dan ekonomi rendah serta sebagian besar dengan paritas sedang. Saran ditujukan bagi tenaga kesehatan khususnya bidan di Puskesmas Batanghari agar dapat meningkatkan penyuluhan dan melaksanakan kunjungan rumah pada ibu nifas. 

Kata Kunci :Kunjungan, Ibu Nifas
Daftar Bacaan :15 ( 1998 – 2008 )

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA




Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ada pertanyaan ataupun komentar ....!

Fans Page