Ads 468x60px

08 April, 2012

Hubungan Antara Pemberian Susu Formula Dengan Kejadian Diare Pada Bayi Umur 0 – 6 Bulan


Bayi merupakan aset masa depan yang akan melanjutkan pembangunan di suatu negara. Masa bayi dan balita merupakan masa yang rentan terhadap serangan penyakit terutama diare. Diare dapat menyebabkan dehidrasi bahkan dapat berdampak pada kematian. Pada bayi penyebab tersering diare adalah karena pemberian susu formula. Diare pada pemberian susu formula dapat terjadi karena laktose intoleran, cara pemberian, dan kebersihan alat. Di Puskesmas Tambah Subur tahun 2008 terdapat 34 kasus diare dari 400 bayi dibandingkan dengan Puskesmas Porbolinggo yang merupakan tetangga kecamatan hanya 18 kasus dari 610 bayi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pemberian susu formula dengan kejadian diare pada bayi umur 0-6 bulan di Puskesmas Tambah Subur.

Penelitian ini menggunakan survey analitik dengan desain penelitian cross sectional, populasinya adalah seluruh ibu yang memiliki bayi umur 0 – 6 bulan yang diberi susu formula berjumlah 110 ibu. Sampel penelitian ini berjumlah 85 ibu  dengan tehnik simple random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuisioner, cara ukurnya dengan metode wawancara Teknik analisa data yang digunakan adalah chi square. 

Hasil penelitian diperoleh bahwa prevalansi kejadian diare pada bayi yang diberi susu formula 63,53%, proporsi cara pemberian susu formula 64,71% tidak sesuai aturan, proporsi kebersihan alat 64,71%, alat yang digunakan untuk menyajikan susu formula tidak bersih. Berdasarkan uji chi square diperoleh chi square X2 hitung 43,94 > X2 tabel 3,841 berarti ada hubungan antara cara pemberian susu formula dengan kejadian diare pada bayi umur 0 – 6 bulan. Dan hasil uji statistik chi square X2 39,23 > X2 tabel 3,841 berarti ada hubungan antara kebersihan alat dengan kejadian diare pada bayi 0 – 6 bulan. 
Kesimpulan ada hubungan bermakna antara pemberian susu formula dengan kejadian diare pada bayi umur 0 – 6 bulan di Puskesmas Tambah Subur.  Untuk itu disarankan Puskesmas Tambah Subur agar  memberikan penyuluhan tentang cara pemberian susu formula, kebersihan alat dan  pencegahan diare bagi ibu yang memiliki bayi umur 0-6 bulan yang diberi susu formula.  

Kata kunci : Diare,  Susu Formula 
Daftar Bacaan : 26 (1995 – 2009)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA



Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ada pertanyaan ataupun komentar ....!

Fans Page