Ads 468x60px

19 Maret, 2012

Hubungan Mobilisasi Dini Dengan Pengeluaran Lochea pada Ibu Nifas di Wilayah Kerja Puskesmas


Menurut data World Health Organization, sebanyak 99 persen kematian ibu akibat masalah persalinan atau kelahiran terjadi di negara-negara berkembang. Kematian ibu maternal dalam masa nifas yang dilaporkan tahun 2007 terdapat total sejumlah 29/100.000 KH, sedangkan angka kejadian untuk Kabupaten Lampung Timur sebesar 4/100.000 KH. Dampak tidak dilakukannya mobilisasi dini adalah menyebabkan  kontraksi uterus yang tidak baik sehingga sisa darah dan placenta tidak dapat keluar dengan baik, involusi uterus yang tidak baik, perdarahan yang abnormal. 
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui hubungan mobilisasi dini dengan pengeluaran lochea dan secara khusus untuk mengetahui proporsi mobilisasi dini dan proporsi pengeluaran lochea pada ibu nifas di wilayah kerja Puskesmas Batanghari. 
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah semua Ibu nifas hari ke 7 pada bulan Januari di wilayah kerja Puskesmas Batanghari dan sampel diambil menggunakan tehnik accidental sampling yang berjumlah 64 ibu nifas. Cara ukur yang digunakan dengan angket dengan alat ukur berupa lembar checklist yang dianalisa secara univariat dengan tabel persentase dan univariat dengan analisa chi square.
Hasil pengolahan data bahwa proporsi pelaksanaan mobilisasi dini terbanyak adalah ibu nifas yang melakukan mobilisasi dini sebanyak 48 responden (75%), proporsi pengeluaran lochea terbanyak adalah ibu nifas dengan pengeluaran lochea yang sesuai dengan waktunya sebanyak 42 orang (65,62%), dan terdapat 22 orang ibu nifas (34,38%) dengan pengeluaran lochea yang tidak sesuai dengan waktunya, terdapat hubungan antara mobilisasi dini dengan pengeluaran lochea berdasarkan hasil uji statistik diperoleh nilai X2hitung: 7,476 lebih tinggi dari nilai X2tabel : 3,841.
Kesimpulan penelitian bahwa proporsi mobilisasi dini terbanyak adalah melakukan mobilisasi dini dan proporsi pengeluaran lochea terbanyak sesuai dengan waktunya dan terdapat hubungan antara mobilisasi dini dengan pengeluaran lochea di wilayah kerja Puskesmas Batanghari. Berdasarkan hasil tersebut maka diharapkan pada bidan untuk dapat meningkatkan pemberian konseling dan bimbingan kepada ibu bersalin tentang manfaat mobilisasi dini.

Kata Kunci : Mobilisasi Dini, Lochea.
Daftar Bacaan : 23 (1998-2010)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA





Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ada pertanyaan ataupun komentar ....!

Fans Page