Ads 468x60px

02 Maret, 2011

Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Status Imunisasi DPT dan Campak


Cakupan   imunisasi  DPT3  dan   campak   di   Puskesmas   Wonopringgo Kabupaten Pekalongan  mengalami penurunan dari 89% (2004)  menjadi 75,4% (2005)  untuk  imunisasi  campak  juga  mengalami  penurunan  dari  94%  (2004) menjadi 84,7%  (2005). Dengan adanya penurunan cakupan imunisasi DPT dan campak  maka  peneliti  tertarik  untuk  meneliti  faktor-faktor  yang  berhubungan dengan status imunisasi DPT dan campak. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara pengetahuan ibu tentang imunisasi DPT  dan campak,  tingkat  pendidikan  ibu,  pekerjaan  ibu,  sikap  ibu,  keaktifan petugas  imunisasi  dalam  memotivasi,  kedisiplinan  petugas  imunisasi  dengan status imunisasi DPT dan campak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara  pengetahuan ibu tentang  imunisasi DPT dan campak, tingkat pendidikan  ibu,  pekerjaan  ibu,  sikap  ibu,  keaktifan  petugas  imunisasi  dalam memotivasi,  kedisiplinan  petugas  imunisasi  dengan  status  imunisasi  DPT  dan campak.

Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan metode survei dan pendekatan cross sectional. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah ibu- ibu yang  memiliki balita usia 12-36 bulan yang berjumlah 1.427. Sampel yang diambil   142   yang   diperoleh   dengan   dengan   menggunakan   teknik   Cluster Proportional Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah  formulir  kuesioner.  Data  penelitian  ini  diperoleh  dari  data  primer  dan sekunder.  Data  primer  diperoleh  melalui  wawancara,  data  sekunder  diperoleh dengan cara melihat data di puskesmas. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan statistik uji  Chi-Square dengan derajat kemaknaan ( α ) = 0,05.
Dari hasil  penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan  ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu tentang imunisasi DPT dan campak (p =0,000 dan CC = 0,431), pendidikan ibu (p = 0,020 dan CC = 0,192), pekerjan ibu (p =  0,048 dan CC = 0,164), sikap ibu (p   = 0,000 dan CC = 0,408), keaktifan petugas  dalam  memotivasi  (p = 0,006 dan CC  = 0,226), kedisiplinan  petugas imunisasi (p = 0,000 dan CC = 0,306) dengan status imunisasi DPT dan campak. Saran  yang diajukan adalah Bagi Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan perlu kiranya meningkatkan pembinaan kepuskesmas yang cakupan imunisasinya masih dibawah target untuk meningkatkan cakupan imunisasi. Bagi   Puskesmas   Wonopringgo   Kabupaten   Pekalongan   perlu ditingkatkan pemantauan  pelaksanaan  imunisasi  baik  kualitas  maupun  cakupan  imunisasi, untuk  desa-desa  yang  cakupan  imunisasinya  rendah  perlu  diadakan  sweeping imunisasi. Bagi petugas imunisasi perlu  meningkatkan keaktifan dalam penyuluhan tentang imunisasi   kepada   masyarakat   khususnya   ibu-ibu   dan   perlu   meningkatkan kedisiplinan dalam menjalankan tugasnya.

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA



Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ada pertanyaan ataupun komentar ....!

Fans Page